my visitor

Selasa, 02 Februari 2016

PERANGKAT LUNAK UNTUK AKSES INTERNET





  Hai cingu,, ini blog pertama saya. Di blog pertama saya ini, saya akan menyajikan sebuah materi tentang perangkat lunak untuk mengakses internet. Untuk itu saya mohon apabila ada hal yang salah, cingu bisa berkomentar.





 Hasil gambar untuk perangkat lunak komputer dan gambarnya



PERANGKAT LUNAK UNTUK AKSES INTERNET

           

Untuk mengetahui informasi yang ada di internet kita harus mengunjungi halaman-halaman web. Halaman web tersebut merupakan file-file yang ditulis dengan kode-kode yang disebut dengan kode HTML (Hyper Text Mark-up Language). Kode-kode HTML tersebut dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program yang disebut Browser.
Browser berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode HTML menjadi halaman sebuah web. Ada banyak browser yang ada saat ini, namun browser yang paling banyak digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer, yang keduanya memiliki kemampuan yang sama. Internet Expoler adalah browser yang sudah pasti terdapat dalam sistem operasi Windows, sedangkan Netscape Navigator harus menginstallnya sendiri.

A.    Browsing
      Browsing adalah kegiatan menjelajahi Internet. Menjelajahi internet memiliki pengertian mengunjungi website-website yang ada di Internet. Website yang kita kunjungi biasanya tergantung atau sesuai dengan kebutuhan informasi yang kita cari.
      Cara mengaktifkan program browser ada dua cara : (1) Mengklik shortcut Internet Explorer di desktop, dan (2) mengklik ikon Internet Explorer dari menu Start.
      Langkah-langkah untuk menjalankan Internet Explorer dari menu Start adalah sebagai berikut :
  1. Klik menu Start
  2. Pilih Program / All Programs
  3. Pilih Internet Explorer. / Mozilla Firefox / Opera



B.    Alamat Website
Dalam mengakses internet, kita pasti mengetik nama atau alamat webnya terlebih dahulu, seperti : http://www.google.co.id ; http://www.facebook.com ; http://www.unsil.ac.id ; http://www.depdiknas.go.id ; dan sebagainya.
Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host, dan nama domain . Nama domain dapat berupa nama perusahaan atau nama website beserta kode-kode yang menjelaskan asal dan bentuk nama organisasi dari pemilik website tersebut. Misalnya nama google, kompas, unsil, maupun depdiknas pada alamat web diatas merupakan nama komputer/server (host name) dari penyelenggara web, sedangkan co.id ; com ; ac.id; dan go.id disebut sebagai nama domain (domain name). Nama domain dapat menunjukkan dari mana asal situs web yang kita kunjungi. Misal, co.id merupakan nama domain yang berasal dari Indonesia karena berdomain id. Sedangkan com, co, dan go menunjukkan jenis institusinya.  Beberapa contoh nama domain yang digunakan dapat dilihat di tabel 2.

Tabel 2. Berbagai nama domain.
Nama Domain
Keterangan
.edu
Pendidikan (USA)
.gov
Pemerintahan (Amerika)
.go.id.
Pemerintah (Indonesia)
.jp
Jepang
.id
Indonesia
.my
Malaysia
.th
Thailand
.au
Australia
.sg
Singapura
.uk
United Kingdom
.org
Organisasi non profit
.com
Perusahaan
.net
Penyedia jasa internet
.mil
Militer
.ac
Akademik

Selain itu, kita juga dapat melihat nama direktori dan nama file dari halaman web di address bar. Contoh : http://www.unri.ac.id/puskom/powerpoint/bab2.htm
Alamat URL di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Protokol yang digunakan :http
  2. Nama komputer host : www
  3. Nama domain level kedua (second-level) : unri
  4. Nama domain level pertama (Top-level) : ac.id. (akademik di Indonesia)
  5. Nama direktori : puskom
  6. Nama Subdirektori : powerpoint
  7. Nama File : bab2.htm

C.  Mencari Informasi dengan menggunakan search engine
Internet merupakan gudang informasi yang tiada batas. Beragam informasi tersimpan di Internet, mulai dari informasi tentang pendidikan, hiburan, pemerintahan, politik, artis, dan sebagainya.
Search engine (mesin pencari) merupakan salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari atau mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Search engine mampu menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya bias mencapai milyaran web. Cara kerja dari search engine cukup mengetikkan kata kunci pada kolom search, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs beserta keterangan singkat sesuai dengan kata kunci yang kita ketik. Contohnya, kita ingin mencari informasi tentang sejarah perkembangan telepon di dunia, cukup kita ketik kata kunci “telepon” atau “sejarah telepon”, maka search engine akan mencari informasi tersebut secara otomatis.
Saat ini terdapat banyak website yang menyediakan mesin pencari, atau bahkan mengkhususkan diri sebagai website layanan mesin pencari. Berikut adalah beberapa nama mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan, antara lain :
  1. Google ( www.google.co.id)
  2. Yahoo ( www.yahoo.com )
  3. Catcha (www.catcha.co.id)
  4. Altavista (www.altavista.com)
  5. Lycos (www.mailcity.com atau http://mail.lycos.com )
  6. MSN Search (http://search_msn.com )
  7. Looksmart (http://search_looksmart.com)
  8. Gigablast (http://gigablast.com)
  9. WiseNut (http://wisenut.com)
  10. dll.
  11.  





Perhatian: jika ingin meng- copy pos-an ini dimohon untuk mencantumkan sumbernya.
  Gomawo!!! 
Anyeong...! :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar